Gubernur NAD: Sail Sabang 2017 jadi event wisata internasional ... - Warta 24 Kalimantan Tengah
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Gubernur NAD: Sail Sabang 2017 jadi event wisata internasional ...

Gubernur NAD: Sail Sabang 2017 jadi event wisata internasional ...

Merdeka > Peristiwa …

Gubernur NAD: Sail Sabang 2017 jadi event wisata internasional ...

Merdeka > Peristiwa Gubernur NAD: Sail Sabang 2017 jadi event wisata internasional terbesar Sabtu, 25 November 2017 11:34 Reporter : Haris Kurniawan Peluncuran Sail Sabang 2017. ©2017 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Adv. Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf meyakini, Sail Sabang 2017 yang bakal digelar pada 28 Novemb er hingga 5 Desember 2017 akan menjadi event internasional terbesar di Indonesia untuk tahun ini.

Pasalnya, tercatat ada 24 acara yang akan meriahkan kegiatan tersebut. Mulai dari Jambore Iptek, Free Diving Competition, Sabang Underwater Contest, Sales Mission Cruise Operator, Lomba Memancing, Lomba Video dan foto serta lainnya.

"Dapat kami pastikan bahwa Sail Sabang adalah event wisata terbesar di Indonesia tahun ini," ujar Irwandi belum lama ini.

Selain diisi 24 acara, Sail Sabang juga diikuti lebih dari 100 kapal yacht dari berbagai negara ditambah dengan kapal-kapal lainnya, termasuk KRI Bima Suci, akan mengikuti Toll Ship Parade pada acara puncak di tanggal 2 Desember di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3. Acara puncak sendiri akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Tidak hanya itu, acara ju ga akan dimeriahkan dengan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati, yang merupakan Laksamana Perempuan asal Aceh, diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, dan parade kapal nelayan tradisional.

Di tahun ini, Sail Sabang 2017 mengangkat tema "Trail of Sea Civilization". Ini sekaligus sebagai event tahunan Sail Indonesia dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari dengan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia.

"Dengan terlaksananya event ini diharapkan Sabang dapat tampil sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia bagian barat. Sehingga pariwisata Sabang dapat berkontribusi mewujudkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," ujarnya.

Lebih jauh Irwandi menjelaskan, Sail Sabang 2017 tidak hanya untuk mempromosikan wisata Aceh, tetapi juga sebagai wahana untuk mendorong percepatan pembangunan di Aceh.

"Serta juga mewujudkan peningkata n kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sabang," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, Sabang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

"Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain; diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik," kata Arief Yahya.

Ia menjelaskan, tahun lalu kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman (per November 2016) serta 37 yacht membawa 82 wisman (per Juni 2016) dengan total kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) per November 2016 mencapai 9,763 wisman.

" Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang," tuntasnya. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial
  2. Sail Sabang
  3. Kementerian Pariwisata
  4. Sabang

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Warta 24 Sabang

Tidak ada komentar