Wakil Bupati Ini bagi-bagi Duit ke 133 PSK, Jumlahnya Woow - Warta 24 Kalimantan Tengah
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Wakil Bupati Ini bagi-bagi Duit ke 133 PSK, Jumlahnya Woow

Wakil Bupati Ini bagi-bagi Duit ke 133 PSK, Jumlahnya Woow

POJOKSATU.id â€" Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akhirnya resmi menutup tiga kawasan lokalisasi, Selasa (5/12). Tiga tempat itu, lokalisasi Jalan Jenderal Sud…

Wakil Bupati Ini bagi-bagi Duit ke 133 PSK, Jumlahnya Woow

POJOKSATU.id â€" Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akhirnya resmi menutup tiga kawasan lokalisasi, Selasa (5/12). Tiga tempat itu, lokalisasi Jalan Jenderal Sudirman Km 12, Lokalisasi di Desa Mekar Jaya dan Bukit Harapan Parenggean, serta lokalisasi yang berada di Desa Tangar, Kecamatan Mentaya Hulu.

Dari tiga lokalisasi itu, sebanyak 133 dari total 239 wanita Pekerja Seks Komersial (PSK) dipulangkan ke daerahnya
masing-masing. Mereka yang dipulangkan merupakan PSK yang memiliki KTP dan juga sudah lama menghuni lokalisasi.

Penutupan dilakukan langsung oleh Wakil Bupati HM Taufik Mukri dan Direktur Rehabilitasi Sosial dan Korban Perdagangan Orang pada Kementerian Sosial Sonny W Manalu MM. Hadir juga sejumlah tokoh agama dan masyarakat.Wakil Bupati HM Taufik Mukri mengatakan, penutupan lokalisasi merupakan program pemkab daerah dan pusat.

Tujuannya un tuk memberantas praktik prostitusi hingga tidak ada lagi tempat maksiat. “Penutupan lokalisasi ini bertujuan untuk menyelamatkan generasi penerus dari dampak negatif penyakit masyarakat. Selain itu untuk mencegah penularan penyakit yang diakibatkan oleh seks bebas (HIV/AIDS),” tegasnya.

Sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing, ratusan PSK ini dibekali uang saku Rp2,250 juta. Ada juga bantuan stimulan ekonomi produktif Rp3 juta, dan transportasi lokal Rp250 ribu hingga totalnya Rp5,5 juta. Uang itu baru bisa dicairkan saat PSK telah tiba di kampung halamannya dan akan dikirim melalui rekening masing-masing.

“Dana bantuan itu bisa dimanfaatkan oleh para PSK, baik itu untuk membuka modal usaha atau yang lainya agar tidak kembali lagi melakoni pekerjaan sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu berdasarkan catatan dari Kementerian Sosial, penutupan lokalisasi di Kotim merupakan yang ke-119 dari 168 lokalisasi yang ada di seluruh Indonesia. Kementerian So sial juga akan mendukung sepenuhnya pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia yang akan menutup tempat pelacuran.

“Sampai saat ini kita sudah berhasil mendukung penutupan di Peleman yang ke 119. Ini akan kami catat dalam progres. Saat ini kami berhasil memulangkan lebih dari 22 ribu orang termasuk yang ada di Kotim,” kata Sonny.

(bah/ang/dar/jpg/pojoksatu)


Sumber: Google News | Warta 24 Kotawaringin Timur

Tidak ada komentar